get app
inews
Aa Read Next : Pemain Timnas Indonesia Marselino Ditegur, Soal Status IG 

Soal TC Timnas Indonesia U-20, Thomas Doll Ngamuk ke Shin Tae-yong

Jum'at, 03 Februari 2023 | 13:19 WIB
header img
Thomas Doll ngamuk dan serang habis Shin Tae-yong soal TC Timnas Indonesia U-20. Foto : Istimewa

JAMBI, iNewsJambi.id - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, ngamuk dan serang habis pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Kata dia, Shin Tae-yong tidak seharusnya melakukan pemusatan latihan (TC) jangka panjang untuk Timnas Indonesia U-20.

Menurut Thomas Doll, sebaiknya pemain-pemain Timnas Indonesia U-20 dibiarkan bermain di klub masing-masing, dengan jaminan mendapat menit bermain yang baik. Dengan begitu, mentalitas dan skill pemain akan lebih berkembang, ketimbang cuma menjalani pemusatan latihan.

“Bagi saya, pemain-pemain Timnas Indonesia U-20 itu harus bermain di Liga 1. Jadi, mereka mempunyai sebuah kompetisi. Di kompetisi, mereka berlatih bersama Yusuf, Hanno, Kudela dan Krmencik. Kemudian saat bermain, mereka melawan Spasojevic, Ciro Alves sehingga ada sebuah kompetisi,” tegas Thomas Doll dalam konferensi pers jelang laga Persija Jakarta vs RANS Nusantara FC dikutip dari Okezone (jaringan iNewsJambi.id).

"Semua pemain Timnas Indonesia U-20 itu membutuhkan sebuah kompetisi. Saya merasa STY tidak paham soal ini. Sebab, saya juga tidak tahu kapan mereka harus dilepas," lanjut pelatih yang pernah menangani pemain-pemain top seperti Rafael van der Vaart, Vincent Kompany, dan banyak lagi,.

Komentar di atas merupakan saran dari Thomas Doll kepada Shin Tae-yong dan PSSI. Sebab, sepanjang pengalamannnya menangani sejumlah klub di berbagai belahan dunia, tak ada negara yang menerapkan pemusatan latihan jangka panjang.

“Percayalah, di Eropa maupun Amerika Selatan tidak ada TC jangka panjang. Sebab, semua pemain tampil di liga utama,” ujar Thomas Doll.

“Sampai saat ini baik klub Eropa maupun Amerika Selatan, klub yang menggaji pemain. Mungkin, di Korea Selatan (negara Shin Tae-yong), agak berbeda,” kata pelatih 56 tahun ini.

Tidak heran Thomas Doll mencak-mencak perihal TC jangka panjang Timnas Indonesia U-20. Sebab, ada sembilan pemain Persija Jakarta yang dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-20 yang dipersiapkan tampil di Piala Asia U-20 2023.

Thomas Doll ditengarai khawatir jika Muhammad Ferrari dan kawan-kawan dipanggil ke Timnas Indonesia U-20, performa Persija Jakarta bakal menurun. Sebab, bersama Persib Bandung dan PSM Makassar, Persija Jakarta merupakan kandidat kuat juara Liga 1 2022-2023. (esa)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut