get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengambil Screenshot pada Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan CMD

Selasa, 28 Maret 2023 | 10:54 WIB
header img
Ilustrasi foto cmd Foto: Ridho Hambali

JAKARTA, iNewsJambi.id - Cara Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan CMD, CMD (Command Prompt) adalah aplikasi yang terdapat di sistem operasi Windows, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah melalui baris perintah. 

Salah satu perintah yang dapat digunakan pada CMD adalah perintah untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat spesifikasi laptop menggunakan CMD:

Buka aplikasi CMD

Pertama-tama, buka aplikasi CMD dengan mengetikkan "cmd" pada kolom pencarian di menu start, atau dengan menekan tombol Windows + R dan ketikkan "cmd" pada kotak dialog yang muncul, kemudian tekan Enter.

Ketikkan perintah "systeminfo"

Setelah CMD terbuka, ketikkan perintah "systeminfo" pada baris perintah dan tekan Enter.

Tunggu proses hingga selesai

CMD akan mulai memproses perintah dan memeriksa spesifikasi laptop atau komputer. Tunggu hingga proses selesai dan CMD menampilkan hasil.

Lihat spesifikasi laptop

Setelah proses selesai, CMD akan menampilkan informasi tentang spesifikasi laptop atau komputer Anda, seperti sistem operasi yang digunakan, prosesor, RAM, dan penyimpanan. 

Anda dapat mencari informasi yang diinginkan dalam hasil tersebut.

Simpan hasil

Jika Anda ingin menyimpan hasil tersebut, Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke aplikasi lain, atau dengan mengarahkan CMD untuk menyimpan hasil pada file. 

Caranya adalah dengan menambahkan ">>" setelah perintah "systeminfo", diikuti dengan nama file dan format file yang diinginkan. 

Contohnya, "systeminfo >> spesifikasi.txt" akan menyimpan hasil pada file dengan nama "spesifikasi.txt".

Kesimpulan

Melihat spesifikasi laptop menggunakan CMD adalah cara yang mudah dan cepat untuk memeriksa spesifikasi laptop atau komputer. 

Perintah "systeminfo" dapat memberikan informasi detail tentang sistem operasi, prosesor, RAM, dan penyimpanan. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa spesifikasi laptop atau komputer Anda dan menggunakan informasi tersebut untuk keperluan apa pun yang diinginkan.(rdo)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut