get app
inews
Aa Read Next : Kembalikan Formulir Cabup ke Gerindra: BBS Ingin Bersama di Pilbup Muaro Jambi

Jack Ma jadi Profesor Tamu di Tokyo College Jepang

Senin, 01 Mei 2023 | 20:26 WIB
header img
Jack Ma. (iNews.id)

JEPANG, iNewsJambi.id - Jack Ma sang miliader Tiongkok China pendiri Alibaba, jadi profesor tamu di Tokyo College, bagian dari Universitas Tokyo Jepang, Senin (1/5/2023).

Tokyo College, seperti dikutip dari AFP, menyatakan Jack Ma akan berbagi pengalamannya yang kaya di dunia kewirausahaan, termasuk bagaimana merintisnya, kepada para mahasiswa dan staf. 

Pria 58 tahun itu juga akan berbagi bagaimana mengelola perusahaan serta melakukan inovasi. 

Selain itu Ma akan melakukan penelitian dan mengelola proyek bersama dengan anggota fakultas, terutama di bidang pertanian berkelanjutan serta produksi pangan. Sebagai profesor tamu, Ma diharapkan memberikan saran dan bantuan pada penelitian. 

Bisnis Ma sempat menghilang 2 tahun lalu, yakni sejak pemerintah China menindak industri teknologi negara itu. Dia menjadi salah satu target tindakan keras China terhadap dugaan praktik anti-persaingan yang dilakukan beberapa perusahaan teknologi besar China. 

Saat itu muncul kekhawatiran perusahaan teknologi besar mengontrol terlalu banyak data sehingga bisa berkembang terlalu cepat. Akibatnya, regulator China menjatuhkan hukuman denda kepada Alibaba yang angkanya mencetak rekor terbesar serta membatalkan penawaran umum perdana (IPO) Ant Group, perusahaan Ma lainnya.

Sejak itu dia keluar dari China, termasuk ke Jepang, Israel, dan Amerika Serikat, untuk mengembangkan bisnisnya. Belum lama ini Ma juga menerima posisi profesor kehormatan dari fakultas bisnis Universitas Hong Kong. Posisinya itu akan dilakoninya selama 3 tahun atau berakhir pada Maret 2026. 

Jack Ma diketahui memiliki pengalaman di dunia pendidikan. Sebelum meluncurkan Alibaba, perusahaan yang bermain di bidang e-commerce, cloud, media, dan kecerdasan buatan, dia mengajar bahasa Inggris selama 8 tahun di Universitas Dianzi, Hangzhou. (nas)

Sumber : iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut