get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Masyarakat Mandiangin Dukung Al Haris Lanjut Kebijakan Jambi Mantap

Makanan Khas Jambi : Tempoyak

Rabu, 03 Mei 2023 | 19:26 WIB
header img
Tempoyak. (Ist)

JAMBI, iNewsJambi.id - Tempoyak adalah makanan tradisional Indonesia yang populer di daerah Sumatera termasuk Jambi. 

Tempoyak terbuat dari durian yang telah difermentasi dengan garam selama beberapa waktu sehingga menghasilkan tekstur seperti pasta dan rasa yang sangat kuat dan khas. Tempoyak biasanya disajikan sebagai bahan pelengkap atau campuran untuk hidangan seperti sayur, ikan, atau nasi dalam masakan khas Sumatera seperti rendang, gulai, dan asam pedas. 

Tempoyak juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang kaya seperti serat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral, sehingga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi kita.

Tempoyak bisa dijadikan bahan masakan dalam berbagai macam hidangan, di antaranya:

1. Gulai Tempoyak

Hidangan khas yang terbuat dari bumbu rempah-rempah dan daging ayam, ikan atau daging sapi, dicampur dengan tempoyak dan diolah dengan santan.

2. Ikan Bakar Tempoyak

Ikan dipanggang atau dibakar, lalu dicampur dengan tempoyak, bawang merah, dan cabai merah. Tambahkan sedikit air jeruk nipis untuk menambah rasa segar.

3. Sayur Tempoyak

Rebus sayuran seperti kangkung, kacang panjang, atau terung, lalu tambahkan tempoyak dan bumbu lainnya seperti bawang merah, cabai merah, dan gula.

4. Nasi Daun Tempoyak

Nasi dibungkus dengan daun pisang dan dicampur dengan tempoyak, kemudian di kukus hingga matang. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai lauk pendamping.

5. Sambal Tempoyak

Cabai merah direbus bersama dengan tempoyak, bawang dan gula, lalu dihaluskan. Sambal ini cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan atau untuk membuat hidangan lebih pedas. (nas)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut