get app
inews
Aa Read Next : Beredar Foto Diduga Sejumlah Camat Bersama Bacawako HAR, Pemkot Jambi Belum Ada Sanksi

Berhubungan Saat Haid Bahayakah? Simak Ini 

Rabu, 19 Juli 2023 | 17:24 WIB
header img
Ilustrasi haid. Berhubungan intim suami istri saat wanita sedang haid, ternyata berbahaya bagi kesehatan. Foto : iNews.id

JAMBI, iNewsJambi.id - Anda suami istri yang bertanya apakah bahaya berhubungan intim pada saat istri sedang haid

Untuk diketahui, secara medis, berhubungan seks saat menstruasi diperbolehkan, tetapi terdapat risiko kesehatan yang perlu diwaspadai. 

Ada beberapa bahaya yang dapat muncul saat berhubungan ketika haid, termasuk berbagai penyakit yang perlu diwaspadai, di antaranya: 

Bahaya Berhubungan saat Haid 

1. Risiko Penularan Infeksi Menular Seksual (IMS) Menurut Centers for Disease Control and Prevention, berhubungan intim selama masa menstruasi dapat meningkatkan risiko penularan infeksi menular seksual (IMS) atau HIV. Hal ini disebabkan kemungkinan adanya virus dalam darah menstruasi. 

2. Darah Menstruasi Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit dan Peradangan Kontak langsung antara darah menstruasi dengan kulit dapat menyebabkan infeksi. Hal ini karena darah menstruasi dapat menjadi iritan bagi beberapa orang. Akibatnya, iritasi kulit dapat meningkatkan kerentanan terhadap berbagai infeksi. 

3. Meningkatkan Risiko Endometriosis Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim, seperti ovarium dan tuba falopi. Hubungan seksual yang dilakukan selama menstruasi mungkin menjadi faktor risiko terjadinya kondisi ini. 

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maedica: A Journal of Clinical Medicine menjelaskan hal ini. Menurut penelitian tersebut, individu yang sulit memiliki keturunan (infertil) dan sering atau terkadang berhubungan seks selama menstruasi memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami endometriosis. 

Endometriosis dapat memengaruhi kualitas hidup dan bahkan dapat menyebabkan infertilitas jika tidak ditangani dengan cepat. Namun, tidak perlu khawatir, terdapat perawatan yang dapat membantu mengatasi kondisi ini.

4. Risiko Kehamilan yang Tidak Diinginkan Salah satu bahaya dari berhubungan intim saat menstruasi adalah risiko kehamilan yang tidak diinginkan. Bunda mungkin berpikir bahwa berhubungan seks selama menstruasi aman dan tidak akan menyebabkan kehamilan. 

Namun, selama melakukan penetrasi, masih ada kemungkinan untuk hamil. Jika siklus menstruasi Bunda lebih pendek (antara 21 hingga 24 hari) dan berhubungan seks menjelang akhir masa menstruasi, ada kemungkinan untuk hamil. Sperma dapat bertahan hidup di dalam vagina hingga lima hari, sehingga kehamilan masih dapat terjadi. 
Jadi kesimpulannya, berhubungan intim saat wanita sedang haid bisa berbahaya bagi kesehatan.(nas)

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 4 Bahaya Berhubungan saat Haid yang Sering Diabaikan "

 

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut