get app
inews
Aa Read Next : Kasus DBD di Indonesia Naik, 5 Kota Ini Tertinggi

Setelah Flu Burung, Muncul Pula Cacar Monyet

Senin, 23 Oktober 2023 | 19:23 WIB
header img
Ilustrasi cacar monyet. (Ist)

JAKARTA, iNewsJambi.id - Setelah flu burung, kasus monkeypox atau cacar monyet muncul di Indonesia. Kini cacar monyet sudah mengalami peningkatan. 

Berdasar data harian yang diterima oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia per tanggal 22 Oktober 2023, penderita cacar monyet saat ini sudah menjadi 8 kasus sejak pertama kali dilaporkan pada tanggal 13 Oktober 2023.

Maxi Rein Rondonuwu selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menjelaskan, hingga kini pihak Kemenkes masih mengkonfirmasi hasil pemeriksaan laboratorium terkait temuan yang ada.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, hingga kini kita dapat tujuh kasus konfirmasi monkeypox di Indonesia di tahun ini. Seluruh kasus konfirmasi ditemukan di wilayah DKI Jakarta,” kata Maxi, dikutip dalam keterangan resmi yang didapat MNC Portal.

Menurutnya dari total kasus tersebut, penyakit monkeypox yang berasal dari Jakarta juga sudah memiliki rincian satu kasus dari Jatinegara, satu kasus dari Mampang, satu kasus dari Kebayoran Lama, dua kasus dari Setiabudi, satu kasus dari Grogol Petamburan, dan satu kasus dari Kembangan.

Tidak hanya itu, diduga dari hasil yang didapat seluruh pasien yang tekonfirmasi saat ini juga didominasi oleh laki-laki usia produktif, yaitu sekitar 71 Persen laki-laki berusia 25-29 tahun, dan 29 Persen lainnya berusia 30-39 tahun. (nas)

Sumber : Okezone.com (MNC Portal)

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut