get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Gerakan Wali Kota Jambi Asal Jangan Kontraktor Menggema, Warga Seberang : Harus Pengalaman Birokrat

Kamis, 25 April 2024 | 20:10 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto : Istimewa)

JAMBI, iNewsJambi.id - Gerakan Wali Kota Jambi 2024-2029 asal bukan kontraktor, kian menggema. Seorang warga Seberang Kota Jambi menilai pemimpin Kota Jambi ke depan harus mempunyai pengalaman dalam sisi birokrat.

Menurutnya, jika pemimpin Kota Jambi 2024 berlatar belakang kontraktor, maka ada kemungkinan hanya mengejar proyek.

"Kalau kontraktor bisa-bisa saja. Kalau dari kontraktor itu proyek yang dikejarnya dulu. Setelah itu pemimpin-pemimpin proyek," kata Tokoh Masyarakat Kelurahan Tanjung Raden, Jarijal ditemui media ini, Kamis (25/04/2025).

Jarijal menilai, untuk maju sebagai Pilwako ini membutuhkan dana yang cukup besar. Jangan nanti ketika sudah duduk di kursi pemimpinan, pikirannya nanti bagaimana mengembalikan.

"Akibatnya, kepentingan masyarakat banyak tidak terpikirkan. Sehingga dia memikirkan bagaimana mencari kembalian dana yang sudah dia pakai," sebut Jarijal yang merupakan pensiunan guru tersebut.

"Apalagi sebelum pemilihan sudah jor-joran, ya kita harus berpikir, dia sudah mengelurkan uang mau tidak mau dia harus mengembalikan," tambanya.

Jarijal menjelaskan, jika sosok pemimpin yang berpengalaman di bidang birokrat itu adalah Dr dr H Maulana. Kata dia, Maulana pernah memimpin Kota Jambi saat menjadi Wakil Walikota Jambi.

"Pak Maulana juga birokrat yang dari bawah. Pernah bekerja di puskesmas dan Dinas Kesehatan hingga menjadi Wakil Walikota Jambi," jelasnya.

Jarijal mengatakan, pengalaman dari bawah yang dimiliki Maulana itu bisa memimpin Kota Jambi 2024 ini.

"Pengalamannya sudah ada," sebutnya.

Dikatakan Jarijal, karena berpengalaman di birokrat, Maulana tinggal lagi mencari wakilnya saja.

"Menurut saya, untuk wakilnya tidak harus dari birokrat. Dari kalangan swasta bisa, atau yang pernah memimpin di organisasi kemasyarakatan. Karena pengalaman pemimpinnya ada. Meski pun diposisi wakil, Wako dan Wawako harus sejalan," tutupnya.

Diketahui, bakal calon Walikota Jambi 2024 ini sudah mulai terlihat. Ada nama Dr dr H Maulana yang berlatar belakang birokrat, H A Rahman yang berlatar belakang kontraktor dan Budi Setiawan Ketua Koni Provinsi Jambi. (fok)

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut