get app
inews
Aa Read Next : Besok, KPU Umumkan Rekapitulasi Nasional PSU di 20 Wilayah

KPU Segera Siapkan Aturan Teknis Penyiapan Logistik Pilkada 2024

Selasa, 30 Juli 2024 | 21:07 WIB
header img
Ketua KPU Mochammad Afifuddin. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang mempersiapkan Pilkada 2024 yang akan digelar serentak pada November. 

Salah satu fokus utamanya yakni tahapan penyiapan logistik Pilkada.

Ketua KPU Mochammad Afifuddin menyampaikan hal ini dalam rapat koordinasi kesiapan penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang digelar Kemenkopolhukam, Selasa (31/7/2024). 

"Kita sekarang sebenarnya sedang dalam tahap menyiapkan beberapa PKPU terkait logistik. Ini sudah agak mepet, persiapan logistik," ujar Afif dalam paparannya.

Afifuddin menekankan pentingnya penerbitan aturan teknis ini sesegera mungkin. 

Aturan tersebut akan menjadi bahan evaluasi terkait persiapan dan distribusi logistik berdasarkan pengalaman Pilkada sebelumnya, yang menghadapi banyak kendala mulai dari produksi hingga pendistribusian logistik ke wilayah terluar.

"Kami sedang mempercepat proses konsultasi di DPR, sehingga PKPU yang mengatur soal logistik bisa segera terbit," ujarnya.

Selain fokus pada logistik, KPU juga memberikan perkembangan terbaru mengenai tahapan pendaftaran calon perseorangan pada Pilkada serentak 2024. Hingga kini, sudah ada 23 pasangan calon yang memenuhi syarat.

"Total, status verifikasi faktual yang sudah memenuhi syarat ada 23 pasangan calon. Yang belum memenuhi syarat 62, dan yang belum selesai 7," ujar Afif dalam rapat yang sama.

Dia merinci jumlah tersebut berdasarkan jenis pemilihan. Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, dari dua bakal calon perseorangan yang diverifikasi faktual, satu belum memenuhi syarat dan satu belum selesai verifikasi.

Pada pemilihan bupati dan wakil bupati, dari 74 bakal calon perseorangan yang diverifikasi faktual, 15 memenuhi syarat, 54 belum memenuhi syarat, dan 5 belum selesai verifikasi.

Sedangkan untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota, dari 16 calon yang diverifikasi faktual, 8 memenuhi syarat, 7 belum memenuhi syarat, dan 1 belum selesai verifikasi.

"Ini potret berapa calon perseorangan di Pilkada nanti," tutur Afif. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut