get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Bakal Dirikan Instansi Baru Badan Penerimaan Negara

Kenaikan Gaji PNS 2025 Bakal Diumumkan Prabowo

Senin, 05 Agustus 2024 | 15:34 WIB
header img
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Menteri Keuangan (MenkeuSri Mulyani Indrawati angkat bicara terkait kebijakan kenaikan gaji Pegawai Sipil Negara (PNS) pada 2025 mendatang.

Menurutnya, penyesuaian gaji tersebut akan disampaikan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Nanti juga presiden terpilih akan menyampaikan (kenaikan gaji PNS) ya," ucap Sri Mulyani dalam keterangan pers usai Ratas Rencana Kerja Pemerintah dan RAPBN tahun 2025, Senin (5/8/2024)

Dia menambahkan, kenaikan gaji PNS masuk Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2025. Selain itu, pemerintahan Presiden terpilih Prabowo tetap akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji/pensiun ke-13, di samping tetap melakukan penyesuaian gaji Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kenaikan gaji PNS juga rencananya akan disampaikan dalam Sidang Paripurna DPR RI RAPBN Tahun Anggaran 2025 yang akan digelar pada 16 Agustus 2024 mendatang.

"Kita nanti akan liat di dalam APBN dan kesepakatan dari presiden terpilih dan presiden saat ini, gitu ya," katanya.

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan rencana kenaikan gaji PNS tahun depan sudah masuk pagu indikatif Tahun Anggaran (TA) 2025. 

Suharso menyebut, kenaikan gaji PNS tahun 2025 terutama akan dialokasikan untuk para pegawai fungsional. Dia mencontohkan PNS yang bekerja di sektor jasa kesehatan akan menerima kenaikan gaji tahun depan.

"Ada kenaikan (gaji PNS), sedang dihitung, slotnya ada, yang pertama pekerja fungsional penting, misal di bidang kesehatan, itu yang kita dorong," kata Suharso saat ditemui di Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/7/2024). (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut