get app
inews
Aa
Read Next : Gerakan Wali Kota Jambi Asal Jangan Kontraktor Menggema, Warga Seberang : Harus Pengalaman Birokrat

Gajah di Lampung Barat Dipasang GPS

Senin, 23 Mei 2022 | 21:03 WIB
header img
Pemasangan GPS Collar pada gajah betina dewasa di Batu Ampar, Dusun Cibitung, Kabupaten Lampung Barat di luar kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) | Poto : TNBBS

LAMPUNG, iNews.id - Tim Satgas Penanggulangan Konflik Gajah Sumatera berhasil memasang 1 unit GPS Collar pada gajah betina dewasa “Kelompok Lestari” di Batu Ampar, Dusun Cibitung, Kabupaten Lampung Barat di luar kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Plt. Kepala Balai Besar TNBBS, Ismanto menyatakan bahwa pemasangan GPS Collar akan memberikan informasi keberadaan kelompok Gajah Lestari, sehingga konflik antara gajah dan masyarakat dapat dideteksi sejak dini dan mencegah dampak kerugian yang lebih besar. 

"Data pergerakan gajah yang diperoleh dari GPS Collar juga bermanfaat untuk memetakan pola pergerakan Gajah di TNBBS, guna kepentingan tata ruang dan pemanfaatan wilayah." Ujar Ismanto.

Dijelaskannya, sebelum pemasangan GPS Collar dilakukan pengukuran ukuran tubuh gajah dengan ukuran lingkar/keliling dada 360 cm, tinggi bahu 220 cm serta berat badan 2.794 kg. 

Upaya pemasangan GPS Collar dimulai pada tanggal 19 Mei 2022, akhirnya pada tanggal 20 Mei 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional dimulai pada pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.30 WIB, GPS Collar tersebut berhasil dipasang pada 1 (satu) ekor gajah pada kelompok gajah liar tersebut yang berjumlah 18 ekor.

"Proses pemasangan GPS Collar diawali dengan melakukan pembiusan, mengambil data dan informasi terkait kondisi gajah. Selanjutnya tim melakukan monitoring pada gajah yang telah dipasang GPS Collar, untuk memastikan kondisi gajah telah pulih seperti semula dan bergabung kembali dengan kelompoknya." Pungkasnya.

Tim Satgas memastikan gajah telah kembali bergabung dengan kelompoknya dalam kondisi sehat. " Kita akan terus melakukan monitoring pergerakan gajah secara intensif sebagai tindak lanjut dari pemasangan GPS Collar." Jelasnya.***

Editor : Mursyid Sonsang

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut