get app
inews
Aa Read Next : Tangan Dingin Bachyuni Deliansyah Bawa Pemkab Muaro Jambi Kembali Raih WTP

Disdikbud Muaro Jambi Tugaskan Guru untuk Mengajar SAD di Pedalaman

Jum'at, 10 Maret 2023 | 19:41 WIB
header img
Kepala Disdikbud Muarojambi, Firdaus (Kaos Hitam). Foto: Rahmdhoni Yusal/iNewsJambi.id

MUAROJAMBI, Jambiseru.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muarojambi tugaskan beberapa orang guru untuk mengajar Suku Anak Dalam (SAD) di pedalaman. Mereka diterjunkan langsung ke beberap lokasi yang menjadi tempat tinggal SAD.

Dikatakan Kepala Disdikbud Muarojambi, Firdaus mengatakan, dirinya sengaja menugaskan beberapa orang guru untuk mengajar SAD yang ada di Kabupaten Muarojambi. Tujuannya, agar SAD yang ada di Kabupaten Muarojambi bisa mendapatkan pendidikan formal, kendatipun berada di daerah pedalaman. 

"Sebenarnya di lokasi sekitaran anak SAD tinggal itu sudah dibangun sekolah. Namun, karena akses jalan dan jarak yang terbilang jauh, karenanya anak SAD itu sering tidak masuk sekolah," katanya, Jumat (10/3/2023).

Firdaus mengungkapkan, anak-anak SAD ini sebenarnya ingin bisa belajar di sekolah seperti siswa sekolah pada umumnya. Namun karena akses yang jauh, mereka jadi sulit untuk pergi ke sekolah.

Dikatakan Firdaus, agar mereka tetap bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik, maka dari itu ia menerjunkan sejumlah guru ke tempat tinggal mereka.

"Jadi kita utus beberapa orang guru datang langsung kesana untuk mengejar dan membimbing mereka. Mudah- mudahan dengan langkah ini mereka bisa bersekolah," kata Firdaus.

Firdaus menyebut, tempat anak SAD yang telah didatanginya itu ada di Dusun Trenggalung, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara dan Dusun Pengeratan, Dusun Segandi, Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi

"Kedepannya akan kita bangun kelas jarak jauh. Kita bangun sarana belajarnya, namun secara adminsitrasi yang bertanggung jawab adalah SD yang dekat dengan lokasi sekitar," tutupnya. (uda)

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut