get app
inews
Aa Read Next : Mobil Mitsubishi XForce Terbaru Tawarkan Teknologi Baru

Ratusan Ribu Mobil Toyota dan Lexus Ditarik dari Peredaran

Rabu, 19 Juli 2023 | 18:53 WIB
header img
Ilustrasi mobil Lexus. Sebagian keluaran mobil Toyota dan Lexus tahun 2023 ini ditarik dari peredaran. Ada masalah pada sistem airbag. Foto : iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Ratusan ribu mobil Toyota dan Lexus, ditarik dari peredarannya karena ada masalah pada sistem airbag. Sistem keamanan ini tak berfungsi sehingga sangat fatal bagi keselamatan pengendara.

Dilansir iNews.id, dikutip dari Carscoop, Rabu (19/7/2023), berbagai model mobil Toyota dan Lexus model 2023 punya masalah produksi pada kabel yang terpasang pada setir ke kendaraan. 

Toyota pertama kali mengetahui adanya kecacatan produksi pada Mei 2023, ketika pemasoknya memberi tahu ada masalah produksi. Hal tersebut berasal dari kontaminasi di stasiun pencucian bagian-bagian tertentu yang akhirnya menyebabkan buruknya pengelasan di “Flexible Flat Cable” (FFC). 

Berdasar laporan tersebut, Toyota melakukan tes untuk menentukan konsekuensi dari masalah ini. Hasil tes ditemukan bahwa celah antara FFC dapat terlepas dan menyebabkan airbag sisi pengemudi copot. 

Itu artinya, setiap mobil yang terdampak masalah ini tidak memenuhi aturan Departemen Perhubungan. Mengingat salah satu regulasinya adalah memastikan airbag bekerja dan mengembang dengan sempurna ketika terjadi kecelakaan. 

Dalam tes juga ditemukan airbag pada bagian pengemudi tidak mengembang saat terjadi tabrakan. Itu memiliki dampak yang jelas pada keselamatan, meningkatkan risiko cedera atau kematian dalam suatu kecelakaan. 

Untungnya, jika FFC terlepas dari bar kabel, lampu peringatan di dalam kendaraan akan menyala untuk memberi tahu pengemudi tentang masalah tersebut. Setidaknya, ini terjadi pada 110.047 unit mobil Toyota dan Lexus. 

Model yang terkena dampak adalah Toyota Corolla, Corolla Cross, Corolla Cross Hybrid, Highlander, Highlander Hybrid, dan Tacoma. Sedangkan Lexus yang terdampak adalah RX350, RX350 Hybrid, RX500 Hybrid, NX250, NX350, dan NX350 Hybrid. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Toyota akan mulai memberi informasi pada pemilik kendaraan yang terkena dampak pada 27 Agustus mendatang. Konsumen akan diminta membawa kendaraan mereka ke diler terdekat, di mana teknisi akan memeriksa Rakitan Kabel Spiral, dan jika perlu, unit akan diganti, tanpa dikenakan biaya. 

Kondisi recall atau penarikan kembali merupakan salah satu upaya suatu produsen untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab mereka dalam memberikan produk terbaik kepada konsumennya.(nas)

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Airbag Tak Mengembang, Toyota dan Lexus Recall 110 Ribu Unit Mobil "

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut