get app
inews
Aa Read Next : Libur Sekolah dan Idul Adha, Ini Wisata Rekomendasi

Rekomendasi Tempat Wisata Dingin di Jawa Tengah

Senin, 01 Juli 2024 | 13:06 WIB
header img
Rekomendasi Tempat Wisata Dingin di Jawa Tengah. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Sejumlah tempat wisata dingin di Jawa Tengah cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Beberapa daerah di Jawa Tengah yang memiliki suhu udara sejuk dan dingin karena berada di dataran tinggi dan berada di kaki gunung. Sehingga Jawa Tengah cocok bagi yang ingin pergi berlibur dengan teman, pasangan maupun keluarga. 

Kawasan wisata dingin yang sudah dikenal masyarakat di antaranya Dieng di Banjarnegara, pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal, Baturraden Kabupaten Banyumas, dan Bandungan Kabupaten Semarang.

Penasaran apa saja yang ada di beberapa tempat wisata dingin di jawa tengah itu? Berikut liputannya dirangkum iNews.id, Minggu (30/6/2024).

1. Bandungan Ungaran

Merupakan daerah yang terletak di kawasan kaki Gunung Ungaran menjadi destinasi populer untuk warga Semarang. Lokasinya 32 kilometer dari pusat Kota Semarang. 

Ada beberapa tempat yang dikunjungi di kawasan ini, seperti Alun-alun Bandungan, Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Taman Bunga Celosia, Pondok Kopi, Sunrise Hill Gedong Songo dan masih banyak lainnya.

2. Kopeng Salatiga

Terletak di kaki Gunung Merbabu, menawarkan suasana sejuk pas untuk liburan bersama keluarga. Sekitar Kopeng ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi, seperti Taman Wisata Kopeng, Agrowisata Salib Putih, Gunung Merbabu, Air Terjun Umbul Songo, hingga Rawa Pening.

3. Dieng Banjarnegara

Merupakan dataran tinggi dikelilingi oleh Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan gunung-gunung kecil di sekitarnya. Saat berkunjung ke sini, ada beberapa destinasi yang bisa dijelajahi, seperti Bukit Sikunir, Telaga Warna, Kawah Sikidang hingga Candi Arjuna dengan suasana yang sejuk, dingin dan menenangkan.

4. Tawangmangu Karanganyar

Merupakan daerah dengan suasana sejuk, dingin dan menenangkan yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Kawasan ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dengan waktu tempuh satu jam dari Kota Surakarta, Solo.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang menghampar luas berwarna kehijauan. Selain itu, ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi untuk berlibur di Tawangmangu, seperti Candi Cetho, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Bukit Sekipan Tawangmangu, Puncak Lawu, Sentra Tanaman Hias Desa Nglurah, Bumi Perkemahan Sekipan hingga Taman Balekambang.

5. Guci Tegal

Tempat wisata dingin di Jawa Tengah berikutnya yakni objek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal. Objek wisata yang terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa ini berada di lereng Gunung Slamet. Selain bisa menikmati dinginnya udara dan sejuknya suasana, wisatawan juga bisa mandi air panas langsung dari perut Gunung Slamet. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut