get app
inews
Aa Read Next : Selama Ditahan Polda Jabar, Begini Pegi Diperlakukan

Ini Hakim yang Bebaskan Pegi Setiawan, Ternyata Hanya Punya Motor Scoopy

Selasa, 09 Juli 2024 | 18:52 WIB
header img
Hakim Eman Sulaeman hanya memiliki Honda Scoopy dengan harta kekayaan senilai ratusan juta rupiah. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Hakim tunggal Eman Sulaeman merupakan hakim yang mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Pegi Setiawan di PN Bandung, Jawa Barat.

Dilihat dari laporan kekayaan, hakim tersebut hanya memiliki kendaraan motor Honda Scoopy.

Sebagai informasi, penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon dan Eky tidak sah menurut hukum. Sebab itu, Hakim Eman Sulaeman mengabulkan permohonan praperadilan.

Bebasnya Pegi Setiawan, membuat profil hakim Eman Sulaeman menjadi sorotan. Dilansir dari laman Pengadilan Negeri Bandung, Hakim Eman Sulaeman lahir di Karawang, Jawa Barat pada 10 April 1975.

Eman menyelesaikan pendidikan Sarjana Ilmu Hukum di Universitas Pasundan (Unpas), Jawa Barat, pada 1999. Setelah menyelesaikan pendidikan, dia mengawali karier sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Pengadilan Agama Sumedang, Jawa Barat.

Sebelum bertugas di PN Bandung, Eman pernah menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Pada 2019-2021, Eman diangkat menjadi Ketua Pengadilan Negeri Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lalu, pada Juli 2021, Eman ditugaskan di Pengadilan Negeri Bandung hingga saat ini. Kini, dia merupakan PNS dengan golongan Pembina Tingkat I IV/B terhitung sejak April 2021.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tercatat Hakim Eman Sulaeman memiliki total kekayaan bersih Rp294.031.507 atau Rp294 jutaan. Ini dilaporkan pada 2 Januari 2024 untuk tahun periodik 2023.

Harta terbesar Hakim Eman Sulaeman terdapat di tanah dan bangunan yang totalnya mencapai Rp720 juta. Terdapat dua aset tanah dan bangunan yang dimilikinya, yakni berada di Pemalang, Jawa Tengah, dan Bogor, Jawa Barat.

Sementara untuk aset alat transportasi dan mesin alias isi garasinya hanya terdapat sebuah motor Honda berkode NC11CF1C, yakni Honda Scoopy lansiran 2013. Sepeda motor semata wayang itu didapatkan atas hasil sendiri yang saat ini nilai jualnya ditaksir Rp6,5 juta. Total kekayaannya mencapai Rp774.465.736, dengan total utang Rp480.434.229. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut