get app
inews
Aa Read Next : Bareskrim Cecar Saka Tatal dengan 32 Pertanyaan

Pegi Bebas Praperadilan, Kabareskrim: Kita Tidak Bisa Paksakan Seseorang Tersangka

Senin, 15 Juli 2024 | 17:49 WIB
header img
Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada merespons praperadilan Pegi Setiawan yang dikabulkan. Dia menyatakan seseorang tak bisa dipaksakan menjadi tersangka. Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsJambi.id - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Wahyu Widada menyatakan, pihaknya bakal melakukan evaluasi usai praperadilan Pegi Setiawan di kasus Vina Cirebon dikabulkan.

Kata dia, penyidik tidak bisa memaksakan seseorang menjadi tersangka.

"Tentu semua dalam proses evaluasi. Kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk menjadi tersangka kan tidak mungkin seperti itu," kata Wahyu di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/7/2024).

Dia belum bisa memastikan apakah Polda Jawa Barat (Jabar) akan kembali menetapkan Pegi sebagai tersangka atau mencari pelaku lain. Dia hanya menyatakan Bareskrim Polri akan mengasistensi Polda Jabar.

"Yang pasti kita memberikan asistensi kepada Polda Jawa Barat," katanya.

Wahyu mengatakan kasus itu sedang dievaluasi dan dikaji. Evaluasi tak hanya dilakukan Bareskrim, namun juga Propam dan Itwasum Polri.

"Setelah nanti ditarik atau tidak kita lihat perkembangannya. Sekarang masih dalam proses evaluasi," ujarnya.

Sebelumnya, Polri akan mempelajari putusan PN Bandung terkait praperadilan Pegi Setiawan. Putusan yang membebaskan Pegi dari status tersangka juga dihargai.

"Tentunya kami menghargai apa yang menjadi hasil keputusan tersebut. Tindak lanjutnya telah ditindaklanjuti, dan selanjutnya kami akan mencermati serta mempelajari apa yang menjadi putusan tersebut," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (11/7/2024).

Meski enggan berbicara lebih lanjut mengenai perkara Pegi, Trunoyudo menegaskan Polri akan menindaklanjuti putusan praperadilan ini. 

"Hasilnya sama-sama nanti untuk tindak lanjut kita masih tunggu dari Polda Jawa Barat. Tentu penyidik akan memberikan progres atau perkembangan terkait dengan kasus di Jawa Barat," katanya. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut