Logo Network
Network

DBD Serang Muarojambi, Dua Bulan Puluhan Warga Terjangkit

Muammar Syarbani
.
Selasa, 08 Maret 2022 | 11:39 WIB
DBD Serang Muarojambi, Dua Bulan Puluhan Warga Terjangkit
Nyamun aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah | foto : alodokter.com

MUARO JAMBI. iNews.id - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) menyerang warga Kabupaten Muarojambi, Jambi. Dalam tempo dua bulan, 24 orang terjangkit.

Menurut catatan Dinas Kesehatan Muarojambi, pada bulan Januari dan Februari ada 17 warga terjangkit DBD. Angka itu bertambah 7 orang lagi pada awal Maret ini.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Muarojambi, Ariani Widia Astuty menyebutkan, penderita DBD ini menyebar di sejumlah desa. 

“Kami menghimbau masyarakat agar waspada terhadap ancaman DBD di tengah pandemi Covid-19. Jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan,” pesan Ariani.

Ariani yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 8 Maret 2022, menjelaskan, penularan DBD umumnya terjadi di daerah-daerah yang intensitas hujannya cukup tinggi.

“Tempat penampungan air merupakan sarang utama berkembangbiaknya nyamuk aedes aegpty. Karena itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Ariani.

Untuk pencegahan, apabila ditemukan kasus DBD di suatu wilayah, petugas puskesmas akan melakukan penyelidikan dan pemantauan.

“Kami akan lakukan penyemprotan atau fogging,” ujar Ariani.

Editor : Doddi Irawan

Follow Berita iNews Jambi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.