get app
inews
Aa Read Next : Ketua dan Wakil KPJY Sikapi Pemuda Serang Person Gubernur Jambi Al Haris

Kualitas Air Sungai Batanghari Kategori Buruk, Gubernur Pimpin Gerakan Pencanangan Batanghari Bersih

Rabu, 09 Maret 2022 | 12:52 WIB
header img
Gubernur Jambi Al Haris mencanangkan gerakan Batanghari Bersih, Rabu (9/3/2022)

KOTAJAMBI, iNews.id – Indeks kualitas air Sungai Batanghari, Provinsi Jambi tercatat 38,90 masuk kategori buruk. Ironisnya air sungai terpanjang di Sumatera ini salah satu sumber air PDAM Tirta Mayang Kota Jambi.

" Ini mengerikan, kami sebagai pelanggan PDAM air ini hanya untuk mandi dan mencuci. " Jelas Wandi, Warga Mayang, Kota Jambi

Penilaian Indeks kualitas air Sungai Batanghari itu berdasarkan 12 titik  pemantauan yang dialiri oleh Sungai Batanghari,  dengan dua kali pengukuran musim penghujan dan kemarau. 

" Kondisi ini akibat air Sungai Batanghari sudah tercemar oleh sampah domestik, limbah pabrik dan juga limbah perkebunan,  dan aktivitas pertambangan ilegal." Ujar Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Jambi, Sri Argunaini.

Pemerintah Provinsi Jambi bertekad untuk mengurangi pencemaran ini melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. Gerakan ini dinamakan gerakan Sungai Batanghari Bersih. 

Pencanangan gerakan ini langsung dipimpin Gubernur Jambi, Al Haris, Rabu (9/3/2022) di Ancol melibatkan Walikota/Bupati seluruh Provinsi Jambi, perusahaan dan masyarakat.

Serangkaian kegiatan yang digelar penanaman pohon dan membersihkan aliran anak Sungai Batanghari dan kegiatan edukasi kepada generasi muda.

 

Editor : Mursyid Sonsang

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut