get app
inews
Aa
Read Next : Serangan Lanjutan, Israel Terang Terangan Bawa Amerika Serika

Uraa..Amerika Serikat Tujuan Ekspor Kerajinan Indonesia Terbesar..

Kamis, 24 Maret 2022 | 16:33 WIB
header img
Pameran Inacraft 2022 di Jakarta (poto Kemendag)

JAKARTA, iNews.id - Nilai ekspor produk kerajinan Indonesia tetap mencatatkan pertumbuhan positif. Selama pandemi Covid 19. Ekspor terbesar ke Amerika Serikat, Malaysia, Belanda, Jepang dan Jerman.

Pada 2021 ekspor produk kerajinan tangan Indonesia mencapai USD 743,50 juta atau tumbuh 16,48 persen tahun per tahun (YoY). Sedangkan pada 2020 nilainya mencapai USD 638,33 juta. 

" Ini menunjukkan produk kerajinan tangan Indonesia tangguh dan adaptif menghadapi masa pandemi Covid-19," ungkap Mendag Lutfi

Ekspor produk kerajinan Indonesia memiliki pangsa yang besar di Amerika Serikat yaitu 58,89 persen, Malaysia (7,54 persen), Belanda (3,86 persen), Jepang (3,70 persen), dan Jerman (3,64 persen). Produk Indonesia yang paling diminati dunia yaitu rambut palsu, produk anyaman, produk kayu, serta patung dan ornamennya.

Mendag Lutfi menjelaskan produk kerajinan Indonesia adalah representasi keunikan dan kekhasan Indonesia atau sesuai dengan tema Inacraft 2022 yaitu From Smart Village to Global Market (dari desa kecil ke pasar global).

Editor : Mursyid Sonsang

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut