get app
inews
Aa Read Next : Abass Mantan Camat yang Linglung di Mekkah Ternyata Pemilik Rumah Makan di Merangin

Harga TBS Sawit Hari Ini di Merangin

Sabtu, 04 Februari 2023 | 17:49 WIB
header img
TBS Sawit. (foto: Edo Guntara/iNewsJambi.id)

MERANGIN, iNewsJambi.id - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit hari ini Sabtu (4/2/2023) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi mengalami tred negatif atau mengalami penurunan. Penurunan harga sawit tersebut, berbeda di setiap kecamatan. Ada yang mengalami penurunan sedikit ada yang cukup banyak.

Kepala Desa Sekancing, Sapri kepada wartawan mengatakan jika harga sawit hari ini mengalami penurunan. Walaupun penurunan harga yang terjadi cukup kecil. Penurunan ini terjadi di setiap desa di Kecamatan Bangko

"Hari ini harga TBS sawit Rp2000 perkilo, minggu lalu Rp2200," katanya. 

Sementara di Kecamatan Tabir Ilir, penurunan harga sawit yang terjadi cukup signifikan. Seperti di Desa Mekar Limau Manis misalnya, dari minggu lalu yang mencapai Rp 2000 per kilogramnya, turun menjadi Rp 1650 per kilogramnya.

"Iya turunnya agak besar hari ini," ungkap Kades Mekar Limau Manis, M Bisroh. 

Sementara di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Merangin, penurunan Harga sawit relatif kecil, seperti di Kecamatan Bangko. 

Penurunan harga sawit ini langsung menjadi keluhan masyarakat petani sawit. Pasalnya, harga pupuk saat ini masih relatif tinggi. Selain itu, hasil produksi sawit juga sedang mengalami penurunan. 

"Harga sawit hampir tiap hari turun, sedangkan harga pupuk dan obat semprot terus naik," keluh, Edi petani sawit di Bangko.

Sayangnya, tak ada informasi terkait penyebab penurunan harga sawit ini ke petani. Masyarakat berharap harga sawit ini bisa kembali stabil diatas Rp2000 per kilogramnya. (edo)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut