get app
inews
Aa Read Next : Polda Jambi Dalami Laporan Kasus Perselingkuhan Dj Dinar Candy

Waspada! Jalan Makalam Bukit Tiung Bangko Amblas dan Rawan Longsor

Senin, 13 Maret 2023 | 19:30 WIB
header img
Kondisi jalan Makalam Bukit Tiung Kota Bangko, Merangin. Foto: Edo Guntara/iNewsJambi.id

MERANGIN, iNewsJambi.id - Masyarakat Kabupaten Merangin yang akan melintasi jalan Makalam Bukit Tiung, Kota Bangko diminta waspada. Pasalnya, jalan tersebut amblas dan rawan longsor.

Amblasnya jalan tersebut terjadi secara bertahap. Namun saat ini kondisinya sudah kian jauh menurun. Keadaan ini menurut masyarakat sudah terjadi sejak beberapa tahun ini. Masyarakat sekitar juga khawatir jalan tersebut akan longsor.

Sebab pada 16 Januari 2019 lalu, ruko 10 pintu yang berada di dekat jalan tersebut juga pernah roboh, karena pondasi amblas akibat longsor. Terlebih di musim penghujan saat ini, kawasan tersebut menjadi sangat rawan. 

Uncu (57), warga Bangko pengguna jalan mengaku cukup mengeluhkan kondisi jalan Bukit Tiung tersebut. Karena pemerintah terkesan membiarkan kondisi terebut dan tidak mau memperbaikinya.  

"Kini musim hujan, kalo pemerintah tidak tanggap maka kondisi jalan bukit tiung itu lambat laun tidak menutup kemungkinan terjadinya longsor," ujarnya, Senin (13/3/2023).

Dia juga mengungkapkan, jika beberapa waktu lalu juga terjadi longsor di kawasan tersebut. 

"Sebelumnya pernah terjadi longsor Bukit Tiung," katanya. 

Selain itu, Budi, salah satu pedagang di kawasan Bukit Tiung juga mengatakan hal yang senada. Katanya, setelah kejadian ruko amblas kondisi jalan tiap tahun konturnya semakin turun. 

"Lihatlah saja tiap tahun turun terus permukaan jalan itu, apalagi kalau ada mobil truk muatan lewat, pasti sopirnya pilih lajur kanan kalau dari arah Bangko menuju Bungo," ungkapnya.

Sayangnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Merangin Zulhifni saat dikonfirmasi via Whatapp tidak mau memberikan jawaban terkait kondisi jalan Bukit Tiung yang rawan bencana longsor tersebut. (edo)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut