get app
inews
Aa Read Next : Polda Jambi Dalami Laporan Kasus Perselingkuhan Dj Dinar Candy

Musim Durian, Harga Buah Durian di Kota Jambi Variatif!

Senin, 17 Juli 2023 | 15:49 WIB
header img
Penikmat durian di Kota Jambi. Foto: Azhari Sultan

JAMBI, iNewsJambi.id - Sejak sepekan ini, Kota Jambi dibanjiri buah duren. Harga buah durian di Kota Jambi relatif bervariasi. Sentra penjualan durian salah satunya di kawasan Tugu Juang, Sipin, Kota Jambi. Ada puluhan pedagang durian berjejer menjajakan dagangannya.

Mereka sejak dari pagi sudah berjualan  di pinggiran trotoar Tugu Juang. Musim kali ini, duren yang mereka jual adalah duren asli dari petani duren Jambi, yakni dari Kumpeh, Kabupaten Muarojambi dan dari Selat, Kabupaten Batanghari.

Ada salah satu jenis duren Jambi yang terkenal rasa dan strukturnya yang berbeda dari yang lainnya, yakni Duren Tembaga.

Bila dibuka kulitnya, maka isinya terlihat berwarna kuning tembaga, bentuknya tebal dan rasanya berbeda dari duren lainnya, yakni manis legit.

Tak pelak, Duren Tembaga ini jadi sasaran pecinta buah duren. Salah satunya, Danianto yang sudah kemana-mana menikmati rasa durian di mana tempat dia berkunjung.

"Sudah beberapa tempat makan duren, tapi duren Jambi ada beda dikit dari lainnya," ungkap warga yang tinggal di kawasan Bandara Sultan Thaha Jambi ini, Senin (17/7/2023).

Menurutnya, soal rasa duren Jambi berbeda dengan durian yang pernah ditemui dan dinikmatinya.

"Yang jelas rasa duren (durian, red) Jambi rasanya manis legit, asamnya dikit. Namanya Duren Tembaga, isinya tebal dan tidak tipis," tegas Danianto.

Setelah makan sejumlah buah duren, dirinya tidak lupa memborong buah duren untuk keluarganya.

Salah seorang pedagang buah durian, Viki mengaku buah duren yang dijualnya merupakan hasil dari petani duren di Jambi.

"Duren asli Jambi bang, dari Kumpeh, Kabupaten Muarojambi dan dari Selat, Kabupaten Batanghari. Rasanya boleh diuji, karena bisa ketagihan," ujarnya.

Dia menambahkan, rata-rata pedagang duren langsung mengambilnya dari lokasi petani.

"Kita mengambilnya di sana dan dibawa langsung ke sini. Terus kami jual tiap hari di sini," tukas Viki.

Soal rasanya, dijaminnya enak karena berbeda rasanya. "Rasanya manis legit, karena pagi datang atau sore datang langsung jual, tidak menginap lagi,' paparnya.

Soal harga durian di Kota Jambi tidak terlalu mahal. "Ada yang Rp 50.000 per buah, 3 buah Rp 100 ribu. Tapi yang favorit dan diburu pembeli adalah yang Duren Tembaga," tegas Viki.

Dikatakannya, harga Durian Tembaga macam-macam, ada Rp65 ribu, Rp85 ribu per buah. Sedangkan yang ukuran kecil 3 buah Rp100 ribu.

Viki juga menambahkan, selama berjualan buah durian penghasilnya ikut bertambah.

"Saya sudah lama jualan duren, kalau penghasilan berkisar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per harinya," tuturnya. (ari)

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut