get app
inews
Aa Read Next : Sinyal PDI Perjuangan Jambi Dukung Haris-Sani Menguat

Edi Purwanto Minta Lahan Gambut Jadi Konsentrasi Pencegahan karhutla

Selasa, 01 Agustus 2023 | 19:58 WIB
header img
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. (Ist)

JAMBI, iNews.Jambi.id - Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) yang terjadi saat ini di Provinsi Jambi, menjadi perhatian serius Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. Ia meminta, agar lahan gambut menjadi konsentrasi pencegahan karhutla.

Dikatakan Edi Purwanto, jika kebakaran terjadi di lahan gambut, maka akan sulit untuk dipadamkan. Karenanya, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah upaya pencegahan kebakaran. Hal itu menurutnya sejalan dengan intruksi dari Presiden RI, Joko Widodo agar upaya pencegahan Karhutla diprioritaskan. 

“Tentu konsentrasi kita yang utama tetap gambut, bukan mengabaikan yang mineral. Tapi gambut ini menjadi sesuatu yang perlu kita perhatikan. Karena kita tahu gambut kalau sudah terbakar ini sulit padamkannya,” katanya, Selasa (01/08/2023).

Ditambahkannya, ia menginginkan agar Satgas Karhutla mengedepankan pencegahan di area gambut. Sehingga jangan sampai terjadi kebakaran baru diupayakan pemadaman. Akan lebih baik jika dilakukan pencegahan sejak dini.

Sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi juga menyatakan dengan tegas, jika ia siap mendukung terkait hal-hal yang dibutuhkan dalam pencegahan karhutla di Provinsi Jambi. 

“DPRD prinsipnya menyetujui kalau pemerinrah provinsi mengajukan anggaran, maka setiap rapat dalam penyusunan anggaran selalu saya tanyakan kepada kepala badannya, berapa kebutuhan untuk penangganan karhutla,” jelasnya.

Selain itu, Edi Purwanto juga menyarankan agar pemerintah melakukan pengecekan terhadap kesiapan pihak perusahaan di Jambi dalam membantu karhutla. Karena memang pihak perusahaan diwajibkan untuk memiliki beberapa kelengkapan sebagai antisipasi terjadinya karhutla. 

“Temasuk mungkin nanti teman-teman akan membantu melihat beberapa perusahaan terkait kesiapan dalam melaksanakan Perda nomor 2 tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Kita cek betul sehingga kita strategi dalam pencegahan karhutla,”pungkasnya.(tra)

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut