get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Ditemui PBNU, Gus Yahya: Kita Ikut Investasi di IKN

Istana: Jokowi Belum Terima Surat Pengunduran Diri Risma dari Mensos

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 19:55 WIB
header img
Istana menyatakan Presiden Jokowi belum menerima surat pengunduran diri Tri Rismaharini dari Mensos usai mendaftar sebagai bacagub Jatim. Foto: iNews.id

JAKARTA, Jambi.iNews.id - Istana mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menerima surat pengunduran diri Tri Rismaharini alias Risma dari Menteri Sosial (Mensos). Rencana pengunduran diri itu disampaikan Risma usai memutuskan maju di Pilgub Jatim 2024 sebagai bacagub.

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Dia mengatakan, Jokowi telah bertemu dengan Risma di Istana Merdeka, Jakarta, pagi ini. Dalam pertemuan itu, kata Ari, Risma melapor kepada Jokowi terkait dirinya dicalonkan oleh partai politik (parpol) sebagai bacagub Jatim dan telah mendaftar ke KPU Provinsi Jatim.

Berdasarkan ketentuan UU Pilkada, menurut dia, tidak ada kewajiban bagi menteri, pejabat setingkat menteri atau kepala lembaga mundur dari jabatannya saat hendak maju sebagai calon kepala daerah.

"Pada prinsipnya, presiden menghormati hak politik dari setiap warga negara, termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga untuk dicalonkan oleh partai politik, sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah pada Pemilukada 2024," ungkapnya.

Sebelumnya, Risma yang telah mendaftar menjadi bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur menyatakan bakal mengundurkan diri dari Mensos. Risma mengaku bakal bertemu Jokowi pada Jumat (30/8/2024).

"Mundur. Besok saya akan, Insya Allah, kalau bisa, minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri," kata Risma usai ziarah ke Makam Sunan Bungkul di Taman Bungkul Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Meski tak ada ketentuan yang mengatur pengunduran diri untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah, Risma tetap akan mundur dari Mensos.

"Saya besok akan ngadep beliaunya, karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil. Makanya saya juga akan menghadap beliau untuk menyerahkan pengunduran diri saya," katanya. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut