Logo Network
Network

Penumpang Jadi Pilot Dadakan Saat Penerbangan, Berhasil Daratkan Pesawat dengan Selamat

Muhaimin
.
Kamis, 12 Mei 2022 | 10:59 WIB
Penumpang Jadi Pilot Dadakan Saat Penerbangan, Berhasil Daratkan Pesawat dengan Selamat
Seorang penumpang tak berpengalaman di dunia penerbangan berhasil mendaratkan pesawat yang dia tumpangi setelah pilotnya tiba-tiba jatuh sakit. Foto/CBS

WEST PALM BEACH, iNews - Seorang penumpang tiba-tiba menjadi pilot dadakan di sebuah pesawat kecil di lepas pantai Atlantik, Florida, Amerika Serikat (AS).

Dia menggantikan pilot sesungguhnya jatuh sakit saat dalam penerbangan. Pilot dadakan tanpa pengalaman sama sekali itu  berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. 

Penumpang itu sama sekali tidak memiliki pengalaman mengoperasikan pesawat. Menggunakan radio kokpit, penumpang tersebut bergerak cepat meminta petunjuk tentang cara mendaratkan pesawat. Insiden menegangkan itu terjadi hari Selasa lalu. 

"Saya punya situasi serius di sini," kata penumpang pria tersebut, seperti dikutip AP, Kamis (12/5/2022), tanpa disebutkan namanya. 

"Pilot saya menjadi tidak koheren. Saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat.” Seorang pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce menjawab panggilan radio kokpit, menanyakan apakah si penumpang tersebut tahu posisi pesawat Cessna 280 bermesin tunggal yang hendak didaratkannya. 

"Saya tidak punya ide. Saya bisa melihat pantai Florida di depan saya, dan saya tidak tahu,” jawab penumpang tersebut. Sekadar diketahui, kontrol kembar memungkinkan pesawat Cessna 280 dikemudikan dari kursi penumpang.

Berbicara dengan sangat tenang, pengontrol lalu lintas udara mengatakan kepada penumpang tersebut untuk mempertahankan ketinggian sayap dan mencoba mengikuti pantai, baik ke utara atau ke selatan. Beberapa menit berlalu, pengontrol lalu lintas udara dapat menemukan pesawat yang saat itu sedang menuju utara di atas Boca Raton. 

Follow Berita iNews Jambi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.