Ini Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh 

Rahmadhoni Yusal
Foto Ilustrasi

JAKARTA, iNewsJambi.id - Mandi menggunakan air hangat ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Apalagi, mandi pakai air hangat dan mencampurkan beberapa herbal tentu lebih menenangkan.

Berikut manfaat mandi air hangat untuk kesehatan tubuh :

Air hangat membantu merilekskan otot-otot yang tegang dan mengurangi nyeri otot serta sendi. Panas dari air meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan otot. Dalam studi yang diterbitkan Journal of Physiological Anthropology menunjukkan, mandi air hangat dapat meningkatkan kesehatan otot dan fungsi sendi.

Manfaat kesehatan mandi dengan air hangat juga dirasakan oleh influencer parenting Nucha Bachri. "Saya sendiri merasakannya setiap hari. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, saya selalu meluangkan waktu untuk mandi air hangat," kata Nucha dalam kegiatan Family Talk belum lama ini. 

Menurut Nucha, mandi dengan air hangat rasanya seperti ritual yang membantu dia merilekskan otot-otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah. "Efeknya luar biasa, saya merasa lebih tenang dan rileks. Selain itu, mandi air hangat juga membantu saya tidur lebih nyenyak. Bagi saya, ini adalah cara sederhana namun sangat efektif untuk menjaga kesejahteraan tubuh dan pikiran," kata Nucha Bachri dalam diskusi panel.

Mandi air hangat dapat memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Ini membantu mengurangi tingkat hormon stres seperti kortisol. Penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine menunjukkan mandi air hangat dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Air hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Suhu tubuh yang meningkat selama mandi dan kemudian menurun setelah mandi membantu menginduksi rasa kantuk. Penelitian dalam Sleep Medicine Reviews menyarankan mandi air hangat 90 menit sebelum tidur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa.

Ya, air hangat menyebabkan pembuluh darah melebar (vasodilatasi), yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dalam artikel dalam International Journal of Hyperthermia menegaskan manfaat mandi air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi pembuluh darah.

Setelah seharian bekerja tentu Anda harus membersihkan badan. Dengan mandi air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit, yang membantu membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Selain itu, bisa membantu melembapkan kulit. 

Itulah seputar manfaat kesehatan yang didapat ketika Anda mandi dengan air hangat. Namun, penting untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi kulit atau masalah lainnya. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network