get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilbup Sarolangun : Fauzi Tebar Pesona Hilal Akui Siap

Cerita Rakyat Jambi Dongeng Anak : Hantu Mangun oleh Monas Junior

Sabtu, 25 Maret 2023 | 20:18 WIB
header img
Ilustrasi dongeng anak Hantu Mangun.

JAMBI, iNewsJambi.id - Berikut salah satu cerita rakyat yang dijadikan dongeng untuk dibacakan kepada anak sebelum tidur. Dipercaya, membacakan kisah-kisah dongeng kepada anak anak sebelum tidur, akan memicu perkembangan otak kanan anak sehingga lebih kreatif dan cerdas.

"Hantu Mangun
oleh Monas Junior *

Zaki Kusnadi namanya. Anak SD yang baru kelas 3. Sehari-hari Zaki diisi dengan hp, hp dan hp saja. 

Pagi-pagi ia dibangunkan dengan susah payah oleh Mama-nya. Setelah bangun, ia juga akan sulit disuruh mandi lalu siap-siap ke sekolah.

Ayahnya, Pak Rolis, sering pula memarahinya karena sukar sekali disuruh ke sekolah. Sampai-sampai, setiap pagi Pak Rolis harus bolak balik dari kebun sawit ke rumah hanya demi memastikan anak bujang-nya yang satu itu berangkat sekolah.

Padahal jarak dari rumah ke sekolahnya tak begitu jauh. Persis di belakang lapangan sepak bola sekitar 200 meter dari rumahnya. Namun Zaki tiap hari enggan ke sekolah.

"Mau jadi apa kamu, Nak, kalau tak sekolah. Biar anak dusun, kamu harus pintar, supaya tak dibodoh-bodohi dunia," Bu Rabayah, ibu Zaki, menasehatinya setiap pagi.

Ini hari Jumat. Zaki, seperti biasa, berjalan pelan keluar rumahnya. Berseragam SD merah putih, Zaki melangkahkan kakinya ke SD yang tak jauh dari rumahnya itu.

Kali ini ia tepat waktu sampai di sekolah. Pelajaran pertama dimulai, yang kedua, ke tiga, hingga bel sekolah berbunyi menandakan sudah waktunya pulang.

Zaki berlari keluar dari sekolahnya. Tak berapa lama ia sampai di rumah. Bergegas mencari HP kesayangannya, lalu membuka aplikasi game online.

Ya, begitulah Zaki. Mulai dari pulang sekolah, sampai lewat sholat Jumat, ia terus tenggelam dalam game online Mobile Legend. Ketika capek, ia makan. Setelah itu kembali masuk kamar dan melanjutkan permainan ML-nya.

Kalau bosan, Zaki akan bermain game online lain. Favoritnya setelah Mobile Legend adalah Free Fire. Begitu terus diselang seling olehnya sampai waktu magrhib tiba.

"Zakiii... mandi! Sholat! Main ML terus!" teriak Pak Rolis, ayahnya.

Zaki diam. Pura pura tak dengar. Ia masih asyik berada di dunia Free Fire.

Kali ini ayahnya sudah hilang kesabaran. Dia masuk ke kamar. Merebut HP dari tangan Zaki.

"Main game online boleh. Jangan lupa waktu, Zaki! Kamu mau diculik hantu Mangun. Dia itu senang dengan anak yang nakal apalagi nakalnya pas waktu Magrib."

"Mana ada zaman sekarang hantu-hantu, Pak," Zaki menimpali.

"Eh kamu! Allah itu Maha Gaib. Tentu yang gaib-gaib di dunia ini banyak karena ciptaa-Nya."

"Bapak ngarang aja."

"Kamu ya dibilangi melawan trus. Sudah, mandi sana. Habis tu sholat. Mana tadi ndak Jumatan kamu."

"Iya... Iya, Pak."

Bocah kurus itu berdiri lalu dengan malas beranjak ke kamar mandi.

*

"Mak. Hantu Mangun itu apa?"

Editor : Monas Junior

Follow Berita iNews Jambi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut