Honda Kejar Produksi Mobil Listrik, Siap Hamburkan Uang Rp178,6 Triliun

Rahmadhoni Yusal
Honda siap menggelontorkan dana besar untuk mengembangkan fasilitas kendaraan listrik di Amerika Utara. Foto: iNews.id

ALLISTON, iNewsJambi.id Honda akan mengejar produksi mobil listrik.

Dilansir dari Carscoops, baru-baru ini Honda mengumumkan bakal menggelontorkan dana sebesar 11 miliar dolar AS (Rp178,6 triliun) untuk memproduksi mobil listrik di Provinsi Ontario.

Produsen asal Jepang itu akan membangun pabrik kendaraan listrik dan pabrik baterai di dekat fasilitas pabrik yang ada di Alliston, Ontario. 

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 240.000 unit mobil listrik per tahun, dimulai pada 2028. Selain itu, Honda juga berencana membangun pabrik pengolahan bahan aktif katoda dan prekursor serta pabrik pemisah di dekatnya. Fasilitas ini akan didirikan dengan bantuan mitra usaha patungan POSCO Future M Co., Ltd. dan Asahi Kasei.

Honda masih dalam proses negosiasi dengan kolaboratornya, dan akan mengumumkan rincian lebih lanjut terkait fasilitas tersebut, seperti lokasi dalam enam bulan mendatang.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebut langkah Honda sebagai investasi otomotif terbesar dalam sejarah Kanada. Pemerintah federal mengatakan kesepakatan itu akan mengarah pada rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama di Kanada.

Pabrik mobil listrik Honda di Kanada akan didukung Ohio EV Hub, yang bakal mulai memproduksi kendaraan listrik pada 2025. Di sana, Honda menginvestasikan 700 juta dolar AS untuk memperlengkapi kembali pabrik yang ada. Diperkirakan akan menghabiskan 4,4 miliar dolar AS lagi untuk membangun pabrik baterai di dekatnya. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network