Sikapi Putusan MK Soal Pilkada, Golkar Ambil Langkah Strategis

Rahmadhoni Yusal
Gedung MK. Foto: iNews.id

JAKARTA, Jambi.iNews.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Bidang Hukum, Adies Kadir mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah-langkah strategis menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah aturan Pilkada.

Putusan MK itu dinilai banyak pihak bakal mengubah peta politik pilkada.

"Kita tentunya akan mengambil langkah-langkah strategis," kata Adies di arena Munas XI Golkar, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8/2024).

Dia menyebut, semua partai pasti melakukan hal yang sama, khususnya partai-partai yang sudah meraih kursi di parlemen. 

"Saya pikir tidak hanya Partai Golkar, seluruh partai-partai pemenangan pemilu lolos kemarin parliamentary threshold pasti juga akan melakukan langkah-langkah strategis untuk menghadapi putusan Mahkamah Konstitusi. Kita lihat nanti seperti apa hasilnya," ucapnya.

Sebelumnya, MK mengubah aturan terkait Undang-Undang Pilkada. Partai atau gabungan partai politik peserta pemilu bisa mengajukan calon kepala daerah meski tidak punya kursi DPRD.

Putusan perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 dibacakan dalam sidang di Gedung MK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). MK menyatakan Pasal 40 ayat (3) UU Pilkada inkonstitusional. Berikut bunyi isi pasal yang belum diubah itu:

"Dalam hal Partai Politik atau gabungan Partai Politik mengusulkan pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ketentuan itu hanya berlaku untuk Partai Politik yang memperoleh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah".

Berdasarkan aturan baru ini, bakal calon Pilgub Jakarta 2024 Anies Baswedan memiliki peluang untuk dimajukan. PDIP juga bisa mengajukan calon meski saat ini hanya memiliki 15 kursi di Jakarta. (uda)

Sumber: iNews.id

Editor : Monas Junior

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network