Presiden Jokowi Lantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian 

Alpadli Monas
Amran Sulaiman dilantik jadi Mentan di Istana. Foto: Okezone.com

JAKARTA, iNewsJambi.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi), melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) pada hari ini Rabu 25 Oktober 2023 di Istana Negara.

Pelantikan itu berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Jokowi yang diikuti Amran.

Diketahui, Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman sebagai Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri dari SYL. Politikus Nasdem itupun telah menemui Presiden di Istana Merdeka pada Minggu (8/10) malam.

SYL sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada kasus dugaan korupsi terkait promosi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya. Kedua tersangka lainnya tersebut yakni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono (KS) serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta (MH).

Hadir dalam pelantikan tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono , Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (nas)

Sumber : Okezone.com (MNC Portal)

Editor : Monas Junior

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network